Kampoeng Sinaoe Lahirkan Komunitas Baru

Untuk menggerakkan kembali permainan tradisional yang sudah mulai hilang, Kampoeng Sinaoe melahirkan komunitas baru yang bernama komunitas egrang. Egrang merupakan permainan yang kini mulai banyak di tinggalkan oleh anak-anak muda di Indonesia karena semakin canggihnya zaman.

12916171_1268837659796616_7287807765272395203_o

Kegiatan dari komunitas egrang di laksanakan setiap hari Sabtu pukul 15.00 WIB sore. Dan bertempat di Kampoeng Sinaoe yang berada di desa Siwalanpanji. Dalam kegiatan komunitas tersebut setiap kali latihan awalnya setiap anggota yang tergabung harus bisa berdiri dan menjaga keseimbangan di atas egrang. Karena itu merupakan dasar untuk belajar permainan egrang, hal tersebut di ungkapkan oleh Moch Nur Jamil selaku ketua dari komunitas egrang.

Menurutnya, adanya komunitas egrang di Kampoeng Sinaoe untuk melestarikan permainan tradisional agar tidak hilang di makan waktu, dan juga bertujuan untuk memperkenalkan permainan tersebut kepada masyarakat khususnya generasi muda. “Egrang juga merupakan kebudayaan yang perlu dilestarikan dan dijaga. Kedepannya di harapkan permainan egrang bisa dikenal sampai mancanegara”, kata lelaki kelas 2 SMK itu.

Ia mengaku peran masyarakat untuk menjaga permainan egrang sangatlah di butuhkan. Tidak mungkin hal tersebut di lakukan tanpa adanya peran masyarakat. Karena indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak kebudayaan sehingga perlu dijaga dan dilestarikan kebudayaan yang ada salah satunya yaitu permainan egrang”, pungkasnya. (Edwin)

Share Yuk, Warga Sinaoe!

Comments

comments