Tiga tim pemenang Sidoarjo Zero Waste 2016 menuai hasil manis dari jerih payahnya selama mengikuti program kerja sama dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK) pemkab Sidoarjo dengan Jawa Pos serta Finna. Mereka berangkat ke Singapore dan Malaysia sebagai hadiah sekaligus belajar menimba ilmu di sana pada 18 s/d 22 Januari 2017.

Tiga tim tersebut adalah Kampoeng Sinaoe, Eksis Forever dan Trash One. Mereka berangkat didampingi perwakilan dari DLHK dan Jawa Pos. selama di Singapore para pemenang Sidoarjo Zero Waste 2016 tersebut mengunjungi tempat-tempat yang terkenal serta dapat mereka ambil pelajaran sehingga nantinya dapat diterapkan di Indonesia seperti yang terlihat di ENVision Gallery, anak-anak muda itu tampak begitu ceria dan antusias memasuki ruangan galeri di lantai 3. Tempat tersebut merupakan tempat pengolahan sampah mulai dari pengolahan energi, air, tanah sampai udara.
Suhaemi warga Singapore yang juga selaku pemandu wisata pada rombongan pemenang Sidoarjo Zero Waste. Ia menjelaskan bahwa sebenarnya Singapore bisa seperti ini karena kesadaran masyarakatnya sangat tinggi sehingga peraturan dan sistem yang diterapkan pemerintah dapat berjalan baik.
“Bahkan Singapore saat ini bukannya kebanyakan sampah di sana malah kekurangan sampah untuk di buat proyek reklamasi, sehingga sampah-sampah yang ada di Singapore dapat teratasi dengan baik”, jelas pria yang akrab di sapa bang Emi itu.
Sementara itu, Moch Nur Jamil salah satu anggota dari tim Kampoeng Sinaoe. Ia mengungkapkan berangkat ke negeri singa menjadi kebanggaan tersendiri namun yang terpenting yaitu nantinya setelah pulang ke Indonesia bisa menerapkan ilmu yang di dapatkan selama di Singapore dan juga Malaysia.
Karena sebagai generasi muda harus aktif, apalagi di Indonesia generasi muda sangat minim sekali kepedulian terhadap lingkungan. Harapannya, “nantinya bisa menerapkan ilmu yang didapatkan selama di Singapore dan Malaysia sehingga nantinya bisa membuat perubahan terutama dalam bidang lingkungan untuk bangsa Indonesia menjadi lebih baik”, harap pemuda asli desa Siwalanpanji itu.

Selain itu rombongan pemenang Sidoarjo Zero Waste tersebut juga mengunjungi tempat-tempat terkenal yang ada di Singapore seperti Garden By The Bay, Marlion Park, Universal Studio Singapore. Dan selama di Malaysia juga mengunjungi istana raja, monument nasional, batu cave, genting, dataran merdeka, masjid agung, Kuala Lumpur Tower.
Ungkapan senada juga dilontarkan Ammy Yoga Prajati ketua tim Eksis Forever, menurut dia masyarakat Indonesia harus perlu di tingkatkan lagi kesadaran. “Karena apa gunanya kecanggihan teknologi serta banyaknya penduduk kalau tidak di imbangi dengan kesadaran yang tinggi”, ungkapnya.
Setali tiga uang, begitu pula yang dirasakan ketua tim Trash One Lianatul Mufidah. Dia merasakan perjalanan ke Singapore dan Malaysia sangat seru meskipun membutuhkan perjalanan panjang, dia sama sekali tidak bosan. “Sebaliknya antusiasme serta pengalaman ilmu yang sangat berharga yang didapatkan selama mengikuti perjalan ke Singapore dan Malaysia”, ujarnya. (Edwin)

Share Yuk, Warga Sinaoe!

Comments

comments