Berburu Ilmu Di Tepian Sungai Brantas

Lima pemuda dari komunitas Nature Club, sebuah komunitas pecinta lingkungan yang ada di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo pada Sabtu (23/1) datang ke Malang untuk belajar tentang lingkungan serta pengolahan limbah di tepian sungai Brantas Malang. Tepatnya di rumah Syamsul Subakri, atau yang lebih akrab di panggil Mbah Karjo. Dia merupakan seorang pecinta lingkungan yang sangat berpengalaman terutama dalam hal pengolahan limbah.

img_20160124_084923

Dia tidak sungkan untuk membagikan ilmu serta pengalamannya kepada ke lima pemuda dari komunitas Nature Club tersebut. Peran pemuda sangatlah di butuhkan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan kepada masyarakat. “Pemuda-pemuda tersebut nantinya akan menjadi seperti siluman yang tiba-tiba muncul karena masyarakat tidak mengetahui kapan mereka belajar dan kapan mereka mulai melakukan aksi untuk lingkungan,” jelasnya.Gerakan cinta lingkungan seharusnya di tanamkan sejak dini, yang di lakukan oleh ke lima pemuda dari komunitas Nature Club ini merupakan hal yang luar biasa, karena melihat fenomena sekarang ini banyak manusia yang tidak peduli terhadap lingkungan. Untuk kedepannya di harapkan tindakan yang dilakukan komunitas Nature Club tersebut dapat menjadi contoh bagi setiap orang agar peduli terhadap lingkungan. Hal tersebut di tegaskan oleh mbah Karjo saat berada di rumahnya.

Terlepas dari itu salah satu anggota dari komunitas Nature Club yang juga ikut belajar tentang lingkungan di Malang, Zulfan Nasrullah. Ia mengatakan tujuan belajar di rumah mbah Karjo yang berada di Malang yaitu untuk menambah wawasan tentang bagaimana untuk peduli terhadap lingkungan serta  bagaimana pengolahan limbah yang ada pada lingkungan. Karena mbah Karjo terkenal dengan seni kreatifitasnya yaitu seni ukir di botol, jadi membuat botol yang tadinya hanya bernilai jual murah menjadi barang yang bernilai jual tinggi hingga mencapai mancanegara. “Selain itu dia juga berharap agar nantinya komunitas Nature Club dapat konsisten untuk melakukan aksinya untuk peduli lingkungan serta dapat menyadarkan masyarakat betapa pentingnya kepedulian terhadap lingkungan,” katanya. (Edwin)

Share Yuk, Warga Sinaoe!

Comments

comments