Kumandangkan Takbir Sambil Memunguti Sampah Keliling Desa Siwalanpanji

Untuk menyambut datangnya hari raya idul adha 1437 H, masjid Baiturrahim yang terletak di desa Siwalanpanji kecamatan Buduran kabupaten Sidoarjo mengadakan acara takbir keliling pada Minggu (11/9/2016) malam.

14305399_1407504845929896_3726875858694340990_o-1

Iring-iringan peserta berdatangan sekitar pukul 19.00 dengan membawa atribut takbiran. Peserta perayaan takbir keliling kali ini diikuti oleh 14 kafilah, baik dari RT maupun lembaga pendidikan yang ada di desa Siwalanpanji.

Kepala desa Siwalanpanji Achmad Choiron, SE dalam sambutannya. Ia mengatakan bahwa adanya acara takbir keliling ini merupakan acara rutinan yang diselenggarakan oleh masjid Baiturrahim Siwalanpanji. “Acara tersebut sekaligus menjadi syiar agama islam di desa Siwalanpanji agar masyarakat termotivasi untuk ikut serta merayakan malam takbiran,” katanya.

Ada keunikan tersendiri ketika acara takbir keliling berlangsung, yaitu peserta dari Kampoeng Sinaoe yang membawa keranjang sampah dengan memakai topi petani. Siswa-siswi Kampoeng Sinaoe tidak sungkan untuk memunguti sampah yang ada di jalanan serta tidak lupa untuk mengumandangkan kalimat takbir. Hal tersebut menyedot banyak perhatian warga yang menyaksikan takbir keliling di jalanan.

Sementara itu, salah satu siswi Kampoeng Sinaoe Faridatul Abidah. Ia mengaku bahwa hal yang di lakukan oleh Kampoeng Sinaoe merupakan syiar agama islam sekaligus penanaman rasa kepedulian lingkungan terhadap siswa-siswi serta masyarakat. “Mengingat setiap acara takbiran selalu banyak sampah yang berserakan di jalanan yang di sebabkan dari petasan dan sebagainya, sehingga hal itulah yang dapat di lakukan untuk mengurangi banyaknya sampah,”akunya

Acara takbiran ini bukan ajang untuk membuang sampah sembarangan di jalanan “Harapan saya, kedepan masyarakat bisa semakin antusias mengikuti takbir keliling dengan tidak melupakan akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” harap mahasiswi jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya itu. (Nez/Edwin)

Share Yuk, Warga Sinaoe!

Comments

comments