Kampoeng Sinaoe Tampilkan Tari Saman di PERANG

Dalam rangka inagurasi mahasiswa baru, Universitas Ma Chung Malang menyelenggarakan Pesta Rakyat Ngalam (PERANG), yang di laksanakan Sabtu (7/3). Pertunjukan Pesta Rakyat Ngalam di laksanakan di Taman Krida Budaya Malang.  Pesta Rakyat Ngalam di meriahkan dengan berbagai penampilan seni dari berbagai komunitas. Salah satunya penampilan Tari Saman dari Kampoeng Sinaoe Sidoarjo. Kegiatan yang diadakan setiap tahun tersebut seolah memperkenalkan kebudayaan dan seni kepada masyarakat.

12828282_1248149511865431_5076577123266868897_o

Dewanti F Jayanti selaku sekertaris yang mewakili ketua panitia ketika di wawancarai. Ia mengatakan bahwa penampilan tari saman dari Kampoeng Sinaoe sangatlah luar biasa. Karena mereka latihan dengan tanpa adanya pelatih alias berlatih otodidak.

Menurutnya, semangat dari anak-anak Kampoeng Sinaoe patut di acungi jempol. “karena pada zaman sekarang ini jarang generasi muda yang melestarikan budaya,” jelasnya.

Sementara itu, ketua tari saman Kampoeng Sinaoe Lidya Agustin Tjondro. Ia mengatakan penampilan kali ini pada acara Pesta Rakyat Ngalam sangat memuaskan. “Karena pada penampilan yang kedua kalinya di Pesta Rakyat Ngalam Kampoeng sinaoe bisa menampilkan karya sendiri. Karena pada tahun sebelumnya Kampoeng Sinaoe melakukan penampilan bareng Sanggar Merah Merdeka,” tuturnya.

Pada awalnya ia merasa ragu dan tidak yakin terhadap penampilan tari saman pada hadapan penonton, namun selang beberapa saat respon penonton sangat meriah. “Ke depannya Kampoeng Sinaoe dapat konsisten untuk menampilkan seni kebudayaan salah satunya tari saman. Dan kedepannya di harapkan akan muncul regenarasi dalam menjaga kebudayaan,” pungkasnya. (Edwin)

Share Yuk, Warga Sinaoe!

Comments

comments