Hentikan Proses Pembelajaran Di Hari Buku Nasional

Ratusan Siswa-siswi dari tingkat SD hingga mahasiswa di Kampoeng Sinaoe mengisi peringatan Hari Buku Nasional. Mereka melakukan kegiatan baca buku secara bersamaan pada saat proses pembelajaran, sehinggga proses pembelajaran seperti bahasa inggris, palajaran umum dan persiapan SBMPTN di hentikan pada Selasa (17/5/2016).

Buku yang mereka baca beragam jenisnya. Mulai dari dongeng, novel, sejarah, hingga biografi. Buku-buku itu ada yang mereka siapkan dari rumah masing-masing. Bagi yang tidak membawa, siswa-siswi tersebut dapat meminjam di perpustakaan Poestaka Sinaoe.

13227634_914033978725224_595595895048969905_o

Salah satu siswi Kampoeng Sinaoe Novia Sharaswati. Ia mengaku kegiatan peringatan tersebut sangatlah baik, karena selain menambah wawasan kegiatan tersebut juga menciptakan rasa cinta untuk membaca buku.

Ia berharap untuk kedepannya kegiatan peringatan seperti ini dapat diadakan secara konsisten, “karena jarang orang yang mengetahui peringatan Hari Buku Nasional”, jelasnya.

Hal menarik pada kegiatan tersebut adalah setiap siswa harus menceritakan isi buku yang telah dibacanya. Banyak dari mereka dengan penuh semangat untuk menceritakan isi buku.

Hilda Novita, ketua perpustakaan Poestaka Sinaoe mengatakan, acara tersebut sengaja digelar bersinergi dengan Mohammad Zamroni selaku penggagas Kampoeng Sinaoe, untuk menumbuhkan minat baca khususnya siswa-siswi yang ada di Kampoeng Sinaoe. Kegiatan menceritakan buku yang telah dibaca tujuannya agar dapat memahami buku yang dibaca serta memberitahu tentang isi buku.

“Membaca bukanlah suatu kewajiban, tapi kebutuhan. Kebutuhan bagi semua orang terutama bagi kalangan pelajar”, kata perempuan yang duduk di bangku kelas 2 SMK itu. (Edwin)

Share Yuk, Warga Sinaoe!

Comments

comments