Explore Sejarah Sambil Berburu Ilmu di Siti Inggil

Gerakan cinta lingkungan dalam hal kebersihan seharusnya di lakukan oleh semua kalangan masyarakat terutama di tempat-tempat bersejarah. Seperti halnya yang ada di Siti Inggil yang terletak di desa Bejijong, Mojokerto. Tempat tersebut merupakan salah satu tempat bersejarah makam Raja Majapahit pertama Raden Wijaya. Kedepan di harapkan tempat tersebut dapat menjadi cerminan bagi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan.

Hal tersebut di tegaskan oleh Juru Kunci Siti Inggil, Abd Ghofur saat di temui ketika memberi penjelasan kepada siswa-siswi Kampoeng Sinaoe, pada Minggu (14/2), di area Siti Inggil Mojokerto.

12829092_1250470541633328_5636478024205819701_o

Menurutnya, peran masyarakat untuk menjaga kebersihan dipandang sangat penting karena kebersihan akan terwujud di mulai dari kesadaran masyarakat sendiri. “Siti Inggil merupakan makam dari Raja Majapahit pertama maka setidaknya  jangan sampai tempat pemakaman Raja tempatnya tidak bersih. Makanya kebersihan tempat tersebut selalu terjaga, dengan begitu tempat tersebut akan dapat menjadi cerminan bagi orang yang berkunjung ke  Siti Inggil,” katanya.

Untuk itu, peranan masyarakat desa terutama generasi muda untuk menjaga kebersihan di area Siti Inggil sangat di butuhkan untuk mendukung tempat tersebut agar terjaga kebersihannya. Ia mengaku bahwa selama ini dalam perawatan di Siti Inggil tidak ada campur tangan dari pemerintahan, “karena lebih baik tempat tersebut di rawat dengan biaya sendiri yang berasal dari bantuan masyarakat desa,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, siswa-siswi Kampoeng Sinaoe memberikan banyak pertanyaan kepada juru kunci tentang kebersihan tempat tersebut. Tidak lupa mereka juga masuk ke area pemakaman Raden Wijaya.

Terpisah dari itu, salah satu siswa Kampoeng Sinaoe Moch Nur Jamil. Ia mengatakan, nantinya cara-cara yang telah di jelaskan oleh juru kunci tentang bagaimana menjaga kebersihan akan di terapkan di lingkungan Kampoeng Sinaoe. “Awalnya melalui pendekatan kepada siswa-siswi Kampoeng Sinaoe akan pentingnya menjaga kebersihan. Kemudian barulah melakukan tindakan dengan melibatkan siswa-siswi membersihkan lingkungan. Sekaligus hal itu sebagai penanaman akan cinta pada lingkungan,” tuturnya. (Edwin)

Share Yuk, Warga Sinaoe!

Comments

comments