Kampoeng Sinaoe Gelar Kelas Inspirasi

Agar mampu menumbuhkan minat literasi siswa-siswi Kampoeng Sinaoe (KS). Poestaka Sinaoe menghadirkan “Kelas Inspirasi dan Bedah Buku Remah Roti”. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 Peserta dari tingkat SMP, SMA dan UMUM, pada Kamis (30/08/2018) Malam di Halaman 2 Kampoeng Sinaoe Siwalanpanji Buduran Sidoarjo.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk pengembangan perpustakaan KS. Fina Alvio, salah satu pustakawan KS, mengatakan bahwa acara seperti ini akan menjadi salah satu program kerja bulanan Poestaka Sinaoe.“Insyaallah ini merupakan salah satu langkah awal kami dalam mengembangkan Poestaka Sinaoe, karena kami ingin sekali menambah semangat literasi para pemuda-pemudi bangsa,” jelasnya.

Kesibukan tersebut turut mengundang Emmy Yuniarti Rusadi, yang aktif dalam Riset Komunitas dan Jejaring Internasional dalam Pengembangan Pemuda. Dia banyak menyampaikan pengalaman-pengalaman uniknya ketika di luar Negeri dan tentang bagaimana bisa memperluas pendidikan dari dalam kelas. “Kita harus ubah mindset tentang pendidikan, pendidikan itu tidak hanya dari kelas. Tetapi, kita juga harus memperlebar ma’na pendidikan itu. Dimana kita bisa menciptakan manfa’at lebih, bagaimana kita mempunyai pengalaman lebih dan itu bisa dituangkan ke orang lain sehingga berguna,” terang penulis Buku Remah Roti tersebut.

Wanita yang aktif dalam Organisasi RCE (Regional Centre of Expertise) itu juga berharap agar mereka bisa menemukan Remah Roti atau hikmah yang bisa diambil dari pengalamannya dan menulusuri jejak baiknya. “Saya berharap kalau mereka bisa menemukan jejak baiknya itu, mereka bisa menjadi pemuda-pemuda berkapasitas Nasional yang lebih baik lagi dan lagi. Karena, jumlah populasi kita di Indonesia itukan besar sekali, tapi orang-orang yang mempunyai kapasitas Internasional itu masih sedikit, padahal kita perlu punya brigadir power itu kedepan.” Ungkapnya.

Aktivitas berlangsung sejak pukul 18.00-21.00 WIB. Adapun Rundown Acaranya meliputi: Pembukaan, Kelas Inspirasi, Tanya Jawab, Bedah Buku, Tanya Jawab, Giveaway dan Penutupan. Sementara itu, Zulfan Nasrulloh, salah satu peserta dari program tersebut, mengaku sangat antusias mengikuti kelas inspirasi. Karena, materinya sangat menarik.

“Setelah saya mengikuti acara ini, saya bisa mempunyai rasa percaya diri dan semangat yang tinggi untuk mendapatkan beasiswa dari dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya. (mjy)

Share Yuk, Warga Sinaoe!

Comments

comments